Monday, June 30, 2014

Tips Memilih Hard Disk External Terbaik Untuk Laptop dan PC

Bagi pengguna komputer media penyimpanan adalah hal yang sangat vital, media penyimpanan bermacam-macam bentuknya dari CD, USB flash Drive, harddisk internal komputer, dan banyak lagi.

Untuk pemilik data-data besar dan penting biasanya media penyimpanan yang paling populer adalah harddisk external karena selain kapasitasnya yang sangat besar juga sangat praktis dipakai karena mudah digunakan, sekali colok (plug), Anda akan langsung mendapatkan tambahan memori, tidak perlu membongkar kompartmen yang ada didalam desktop komputer.

Lantas apa saja yang perlu kita perhatikan saat akan membeli sebuah harddisk external? selama ini yang kita perhatikan hanyalah harga harddisk external tersebut, tetapi sebenarnya banyak faktor lain yang perlu diperhatikan pada sebuah harddisk external, berikut beberapa tips dan trik bagi Anda yang akan memilih dan akan beli harddisk external:


Kapasitas Harddisk

Ini terkait dengan kebutuhan anda. Hard Disk eksternal itu fungsinya lebih banyak untuk back-up data, bukan storage yang setiap saat anda gunakan untuk memindah file seperti flash disk. Selain rentan terkena virus karena harus pindah-pindah laptop atau PC, itu juga kurang baik bagi kesehatannya.

Seberapa besar data yang anda butuh simpan atau back-up? Jika anda hobi menyimpan film, apalagi yang HD, tentu anda akan membutuhkan hard disk eksternal ukuran dengan kapasitas terbesar dari yang bisa anda beli. Tapi ingat juga harganya juga besar. Jadi sesuaikanlah.

Selain ditujukan sebagai suplemen harddisk di komputer desktop, kebanyakan harddisk eksternal kini justru membidik pasar pengguna notebook dan netbook (mini notebook). Harddisk eksternal yang ditujukan pada notebook/mini notebook hadir dalam dua ukuran: 2,5” dan 1,8”. Namun Anda juga tidak dilarang memilih yang berukuran 3,5”, kendati yang satu ini lazimnya ditujukan pada PC desktop. Tentu kenyamanan membawa-bawanya akan berbeda. Selain itu, harga harddisk eksternal 1,8” pasti lebih mahal dibandingkan yang 2,5”, kendati keduanya berkapasitas tepat sama.

Kemudian masalah kapasitas penyimpanan, kalau begitu apakah cukup membeli hard disk eksternal dengan kapasitas kecil atau sedang? Tidak juga. Karena harga hard disk itu tidak linier dengan besaran kapasitasnya. Semakin besar kapasitasnya, harga yang anda bayar justru semakin rendah. Misalnya hard disk eksternal kapasitas 500 GB harganya sekitar 700 ribu, sementara yang 1 TB (2 kali lipat) harganya hanya 1 jutaan saja. Beda 300 ribu sudah mendapatkan 2 kali lipatnya. Kembalikan ke kebutuhan dan persediaan uang anda lagi. Tidak usah memaksa.


Kecepatan Rotasi

Kecepatan putar piringan metal harddisk juga mempengaruhi kecepatan laju data. Semakin cepat daya putarnya, semakin cepat data bisa ditulis (Write) dan dibaca (Read).

Kecepatan putar ini dinyatakan dalam satuan RPM (rotation per minute). Umumnya harddisk portable berputar pada kecepatan 5400 RPM. Sebuah hard disk yang berputar pada kecepatan 7200 rpm akan menyuguhkan performa yang jauh lebih baik ketimbang hard disk 5400 rpm. Bahkan beberapa hard disk terbaru saat ini sudah mampu berputar pada kecepatan 10.000 rpm.


Besar Buffer atau Cache

Besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di-cache, atau disimpan yang bisa ditangani oleh sebuah drive ketika menanti permintaan (request) berikutnya dari sistem. Besarnya buffer berkisar dari 2MB – 16MB. Semakin besar ukuran buffer, semakin banyak data yang bisa disimpan dan semakin cepat pengantaran datanya. Namun semakin besar ukuran buffer yang dikemaskan sebuah harddisk portabel, akan semakin mahal pula harga harddisk portabel tersebut.


Konektivitas

Anda tahu port USB di laptop anda yang dalamnya berwarna biru itu? Wah, berarti laptop anda itu sudah punya port USB 3.0. Itu harus dimanfaatkan. Jadi pertimbangkan untuk membeli hard disk eksternal yang mendukung koneksi USB 3.0. Anda akan mendapatkan kecepatan transfer sampai 10 kali lipat dibanding dengan hard disk eksternal yang hanya mendukung sampai USB 2.0. Jika anda sering memindahkan file berukuran ekstra besar, anda akan mensyukuri keputusan anda ini, meski harganya juga sedikit lebih mahal.

Perhatikan juga bila hard disk eksternal pilihan anda itu punya dukungan terhadap koneksi via port Thunderbolt. Ini lebih cepat lagi, kira-kira kecepatannya sampai 2 kalinya USB 3.0. Semua laptop dan komputer seri terbaru punya Apple sudah punya koneksi super cepat ini. Tapi, untuk saat sekarang, atau kecuali anda memakai laptop Apple seri terbaru, tidak usah memaksa beli hard disk eksternal dengan dukungan Thunderbolt. Kenapa? Mahal. Kalau 2 atau 3 tahun lagi mungkin akan lebih murah dan lebih umum alias banyak yang pakai.


Bentuk dan Casing

Tidak seperti beberapa waktu lalu, sekarang hard disk eksternal juga berusaha tampil lebih manis. Beberapa orang mudah terpikat dengan warna tertentu. Jadi sejelek apapun itu casingnya, dia akan tetap memilih hard disk eksternal dengan warna favoritnya itu. Waduh, ini bisa berbahaya. Pilih yang casingnya bagaimana?

Yang jelas, casing harddisk eksternal itu paling tidak harus:

· Kokoh
· Jika berbahan plastik, maka harus plastik yang bagus
· Punya tata bangun yang bisa meminimalkan efek benturan keras
· Kalau bisa tidak licin dipegang tangan, kalau memang berbahan glossy dan licin, maka anda harus bersiap membelikan dia sleeve yang bagus.

Perhatikan juga keseharian anda. Jika nanti cuman dipakai di lingkungan biasa, di rumah atau kantor misalnya, maka tidak perlu membeli hard disk eksternal dengan casing super bagus yang juga super mahal, cukup yang casingnya normal.

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cover penutup dari hard disk external tersebut. Jika Anda hanya menggunakannya di rumah atau sekedar di bawa ke sekolah, maka cukuplah hard disk dengan pelindung biasa saja karena harganya lebih murah. Namun jika Anda merupakan seorang petualang, maka tentu saja Anda harus memilih hard disk yang ringan dan juga memiliki pelindung yang kuat dari bahan karet atau sejenisnya agar hard disk tersebut tidak mudah rusak ketika terbentur atau terkena goncangan. Harddisk seperti ini biasanya di labeli harddisk yang Waterproof (tahan air), Shockproof (tahan guncangan), ataupun Dustproof (tahan debu).


Fitur

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika memilih hard disk external adalah fiturnya. Beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah hard disk di antaranya adalah backup dan juga password protection. Terdapat juga berbagai macam fitur lain yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah harddisk eksternal yang dilengkapi dengan fitur backup and recovery. Fitur ini berguna di saat file-file Anda mengalami kerusakan atau korupsi data akibat hilangnya asupan listrik secara tiba-tiba, atau pun akibat serangan virus. Melalui fitur recovery, Anda akan bisa memulihkan/mengembalikan data yang hilang/rusak.


Sistem Operasi

Perhatikan baik-baik sistem operasi apa saja yang kompatibel dengan harddisk eksternal tersebut (misal: Mac OS X, Linux, etc). Tidak semua sistem operasi mendukung. Namun pada umumnya Sistem operasi Windows XP1, Windows XP2 dan Windows XP3 sudah mendukung fungsi hardware ini.

Sistem operasi OS X dan Windows menggunakan file system yang berbeda (HFS+ dan NTFS) sehingga kebanyakan manufaktur juga membuat HDD external khusus untuk kedua platform tersebut. Walaupun OS X dapat membaca file pada hard disk berformat NTFS, namun Anda tidak dapat mengedit atau menulis di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan di sistem operasi mana hard disk tersebut akan digunakan.

Kemampuan Plug and Play (PnP)

Kemampuan Plug and Play dapat anda lihat saat anda menancapkan kabel USB, harddisk eksternal langsung bisa dipakai tanpa perlu instalasi driver atau software apa pun. Kemampuan ini sangat membantu jika Anda menggunakan satu atau lebih harddisk eksternal di beberapa PC sekaligus. Harddisk dengan kemampuan PnP sangat cocok untuk Anda yang sering memakai harddisk berpindah-pindah seperti dari komputer rumah ke netbook di kantor atau ke laptop dirumah kawan Anda. Colok, dan data siap dimasukan maupun dikeluarkan.


Merek

Di pasar saat ini ada banyak sekali pilihan merek harddisk eksternal, antara lain Seagate, Toshiba, Samsung, Western Digital (WD), A-Data, Gygabite, Buffalo, Xtreamer, Iomega, Imation, LaCie, Maxtor, Qnap, dan lain-lainnya.

Pilihlah merek harddisk yang terpercaya dan sudah terjamin bagus di bidangnya. Bisa minta pendapat dan rekomendasi dari orang-orang yang sudah pernah memakai  harddisk dengan merek tersebut. Jadi kita bisa tahu kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan dari merek-merek harddisk tersebut.


Garansi Produk

Pada umumnya harddisk eksternal memilki garansi 1 tahun, namun juga ada yang lebih singkat dan lebih panjang. Tergantung pada merk produk dan produsennya. Pilihlah merek harddisk yang menawarkan garansi produk cukup lama dan service-nya yang memuaskan.




Sumber:
http://blog.lazada.co.id/tisp-n-trick-memilih-harddisk-external-terbaik/
http://www.dee-nesia.com/2014/03/cara-memilih-hard-disk-eksternal-yang.html
http://carisinyal.com/2013/11/hard-disk-external/
http://www.sigodangpos.com/2012/06/8-tips-cerdas-membeli-harddisk.html
http://umairkomputer.blogspot.com/2013/07/tips-pintar-memilih-harddisk-external.html
http://bangbiw.com/tips-memilih-harddisk-external-portable/

4 comments:

  1. Misi gan, izin share ya...

    Asus X452EA-VX086D Graphic
    Price Rp 3.699.000

    Learn more about

    Resolusi : 1366 x 768 pixels
    Tipe Processor : AMD E-Series
    Nomor Processor : E2-3800
    Ukuran Memori (RAM) : 2 GB
    Ukuran Hard Drive : 500 GB
    Graphics coprocessor : ATI Radeon
    Tipe wireless : IEEE802.11a/b/g/n
    Jumlah USB 3.0 Ports : 1
    Ukuran Layar : 14.1 inches
    Resolusi Layar Maksimal : 720 pixels
    Processor cores : 2
    Kecepatan CPU : 1.3 GHz
    Kecepatan Memori : 1600 MHz
    Kecepatan Hard Drive : HDD(5400rpm)
    Jumlah USB 2.0 Ports : 2

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. Misi gan, izin share ya...

    Asus X452EA-VX086D Graphic
    Price Rp 3.699.000

    Learn more about

    Resolusi : 1366 x 768 pixels
    Tipe Processor : AMD E-Series
    Nomor Processor : E2-3800
    Ukuran Memori (RAM) : 2 GB
    Ukuran Hard Drive : 500 GB
    Graphics coprocessor : ATI Radeon
    Tipe wireless : IEEE802.11a/b/g/n
    Jumlah USB 3.0 Ports : 1
    Ukuran Layar : 14.1 inches
    Resolusi Layar Maksimal : 720 pixels
    Processor cores : 2
    Kecepatan CPU : 1.3 GHz
    Kecepatan Memori : 1600 MHz
    Kecepatan Hard Drive : HDD(5400rpm)
    Jumlah USB 2.0 Ports : 2

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  3. Nice Info Jangan Lupa http://mandirimultimedia.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  4. nice info, ditunggu kunjungan baliknya https://bremot.blogspot.com

    ReplyDelete