Wednesday, July 2, 2014

Perbedaan Tablet, Phablet, Smartphone, Laptop dan Netbook

Teknologi telah bergerak maju dengan cepat, sehingga begitu banyak perangkat mobile dengan konektivitas internet melintasi batas dan melakukan fungsi yang tumpang tindih. Hal ini terutama berlaku dalam kasus tablet, phablet, smartphone, laptop, dan netbook atau mini laptop. Gadget-gadget tersebut bersifat portabel dan memiliki konektivitas internet. Tetapi masing-masing memiliki fitur dan kelebihan maupun kekurangan yang berbeda. Berikut ulasan tentang perbedaan antara tablet, phablet, smartphone, laptop dan netbook yang dirangkum dari berbagai sumber.

Tablet



Tablet adalah sebuah inovasi yang terlihat seperti sebuah smartphone yang besar, tetapi memiliki kemampuan tambahan lebih dari smartphone dan memliki kemampuan komputasi mendekati laptop. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa tidak seperti laptop, ia datang dalam bentuk slate (batu tulis), bukan briefcase (tas kerja) seperti desain laptop di mana keyboard terpisah dari layar. Tablet, memiliki kemampuan pada perangkat yang diperkaya multimedia yang memungkinkan pengguna untuk pengalaman audio dan file video pada layar yang lebih besar (biasanya sekitar 7-10 inci), hanya sedikit lebih kecil dari laptop. Karena Tablet menggunakan virtual keyboard, lebih cocok digunakan untuk pekerjaan mengetik singkat seperti mengirim email. Sedangkan untuk pekerjaan yang banyak, laptop jelas lebih baik dan nyaman.

Semua tablet memiliki Wi-Fi, yang berarti dapat digunakan untuk menjelajahi web dan dapat digunakan untuk bermain game juga. Sekarang, tablet juga dilengkapi dengan dual kamera, yang bisa digunakan untuk merekam video HD, untuk video chatting dan video call. Namun, karena keterbatasan hardware, fungsi-fungsi seperti operasi multimedia, operasi multitasking yang kompleks dan sejenisnya sulit untuk tampil di tablet. Tablet lebih pas jika digunakan sebagai pembaca e-book, atau pun pekerjaan-pekerjaan ringan seperti baca tulis email, agenda, dll.

Kelebihan:
- Kecil, tipis dan mudah dibawa kemana-mana
- Relatif tidak membutuhkan periferal lain
- Memiliki versi 3G bahkan versi terbaru versi 4G


Kekurangan:
- Tidak cukup bertenaga untuk semua kebutuhan komputing
- Tidak ada Wired LAN
- Baterai terbatas dan tidak dapat diupgrade baik RAM maupun memori flashnya


Phablet



Phablet merupakan istilah gabungan Phone (ponsel) dan Tablet. Dari namanya sejenis, phablet merupakan gabungan antara kata phone dan tablet. Jadi phablet merupakan istilah yang biasa dipakai untuk menggambarkan device / gadget yang mengkombinasikan kemampuan yang dimiliki oleh smartphone dan tablet. Phablet biasanya berukuran lebih besar dari smartphone, namun lebih kecil dari tablet.


Ukuran layarnya bervariasi antara 5 - 7 inchi. Phablet juga mempunyai fitur yang dimiliki oleh smartphone seperti voice calling, walaupun ukuran layarnya besar menyerupai tablet. Salah satu dari ciri - ciri phablet (walaupun tidak mutlak) adalah adanya stylus pen, yang bisa digunakan untuk membuat sketsa atau menulis sesuatu pada phablet.


Adapun device yang pertama kali diakui sebagai phablet adalah Dell Streak yang keluar pada tahun 2010-an. Dan contoh - contoh phablet yang beredar di pasaran sekarang seperti Samsung Galaxy Note, LG Optimus Vu Panasonic Eluga Power. Kata "phablet" pertama kali digunakan di situs teknologi di Engadget dan Forbes. Kata phablet juga ingin dipatenkan oleh LG Electronics, walaupun keputusan finalnya belum dipastikan.

Kelebihan:
-Ukuran yang pas bagi orang yang ingin memakai smartphone dengan ukuran besar (rasa tablet) atau sebaliknya
-Memiliki stylus pen untuk menulis-nulis atau menggambar
-Prosesor dan RAM yang lebih besar dari smartphone (tidak semua)

Kekurangan:
-Harga yang lebih mahal dari smartphone (tidak semua)
-Karena lebih besar dari smartphone kadang tidak muat di kantong saku



Smartphone





Meskipun smartphone pada dasarnya adalah sebuah gadget yang dibuat untuk melakukan panggilan dan menerima panggilan, smartphone memiliki fitur multimedia tambahan dan kemampuan komputasi yang mendekati kemampuan laptop. Smartphone dapat dianggap sebagai komputer mini genggam daripada sebagai ponsel, karena menggunakan sistem operasi independen untuk menginstal dan menjalankan aplikasi canggih dan kompleks. Dalam aspek ini, smartphone jauh melebihi ponsel dan dapat bekerja sebagai asisten pribadi digital. Beberapa smartphone memiliki keypad QWERTY fisik menyerupai seperti keyboard laptop. Ada juga smartphone yang memiliki keyboard virtual dengan layar sentuh yang sangat kapasitif.

Lebih dari 50 juta orang di Amerika Serikat menggunakan smartphone yang menunjukkan popularitas yang luar biasa. Smartphone memiliki prosesor cepat dan memori internal yang besar, tampilan layar besar (sekitar 2” - 3,5 ") dan OS (Operating Sisyem/Sistem Operasi) yang sangat user friendly memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan untuk para pengguna smartphone ini. Dua OS yang telah mendominasi pasar smartphone adalah Apple IOS dan Google Android. IOS digunakan oleh smartphone buatan Apple saja, sedangkan Android adalah sebuah OS open source yang digunakan oleh hampir semua produsen smartphone.


Kelebihan:
- Ukuran relatif kecil kompak dibandingkan tablet dan phablet
- Memiliki sistem operasi mobile layaknya tablet dan phablet
- Dapat difungsikan sebagai telepon selular dan personal digital assistent serta multi penggunaan 



Kekurangan:
- Baterai yang tidak bisa tahan terlalu lama karena konsumsi daya tinggi dibandingkan fitur telepon
- Fitur selalu ada yang dikorbankan kualitasnya karena terlalu multi-penggunaan
- Tidak ada pilihan upgrade untuk RAM dan memori flashnya

Laptop (Notebook)




Laptop memiliki prosesor tercepat dan juga kapasitas penyimpanan terbesar. Sebuah laptop pada dasarnya adalah sebuah PC bisa dibawa di segala tempat yang mengintegrasikan semua kemampuan dari sebuah komputer. Perangkat ini biasanya memiliki sebagian besar komponen yang sama dengan komputer desktop. Hanya saja umumnya komponen komputer laptop memiliki layar datar, papan ketik, perangkat kontrol utama seperti bilah sentuh (juga dikenal sebagai trackpad dan touchpad) dan speaker yang menjadi satu kesatuan. Selain itu, laptop bisa dioperasikan dengan baterai, dan dapat berjalan selama 3-5 jam. Dengan layar 14" atau lebih, secara teoritis bisa laptop mampu melakukan semua tugas komputer.

Sebuah komputer laptop selain didukung oleh listrik melalui adaptor AC, sebuah komputer laptop pun didukung oleh listrik melalui baterai isi ulang. Dari tiga perangkat mobile, laptop adalah yang paling kuat untuk urusan kemampuan komputasi dan juga untuk browsing internet. Satu-satunya kelemahan adalah kurangnya konektivitas 3G yang ada di smartphone dan tablet. Namun, bagi mereka bepergian dan juga perlu melaksanakan tugas-tugas kompleks pada perangkat mereka, laptop adalah pilihan yang ideal. Komputer laptop juga terkadang disebut notebook, ultrabook atau netbook.

Kelebihan:
- Ukuran relatif kecil kompak dibandingkan komputer desktop
- Memiliki kemampuan komputasi yang mendekati komputer desktop
- Adanya dukungan listrik dari baterai isi ulang ataupun melalui adaptor AC

Kekurangan:
- Baterai yang tidak bisa tahan terlalu lama karena konsumsi daya tinggi
- Tidak ada pilihan upgrade untuk semua priferal kecuali RAM


Netbook (Mini Laptop)






Sebuah komputer netbook atau disebut mini laptop, adalah sebuah komputer pribadi untuk pengguna mobile yang lebih kecil dibandingkan laptop. Pada awal kemunculan komputer netbook pada akhir tahun 2007, komputer netbook diperuntukan untuk penggunaan sederhana dibandingkan komputer laptop seperti mengakses internet. 

Umumnya fitur pada komputer netbook mengalami minimalisir seperti ditiadakanya pemutar cakram internal. Komputer netbook umumnya menampilkan layar yang lebih kecil  dibandingkan komputer laptop, umumnya ukuran layar komputer netbook berkisar dari diagonal layar 5" hingga diagonal layar 12".

Kelebihan:
- Ukuran relatif kecil kompak dibandingkan komputer laptop
- Memiliki konsumsi daya listrik lebih rendah dibandingkan komputer laptop
- Adanya dukungan listrik dari baterai isi ulang ataupun melalui adaptor AC

Kekurangan:
- Tidak ada pemutar cakram internal
- Tidak ada pilihan upgrade untuk semua periferal kecuali RAM



Ringkasan
  • Baik smartphone, phablet, tablet, maupun laptop merupakan perangkat portabel dan dapat terkoneksi internet dengan berbagai kelengkapan fitur.
  • Seiring berjalannya waktu, dengan semakin powerfull-nya smartphone dan tablet dari sebelumnya, maka semakin mendekati laptop.
  • Smartphone, phablet, dan tablet memiliki konektivitas 3G, laptop dan netbook tidak memilikinya.
  • Laptop paling unggul ketika datang ke komputasi kompleks.
  • Laptop dapat di-upgrade hardwarenya, sedangkan smartphone dan tablet tidak memungkinkan.




Sumber:
http://rismadarwin.blogspot.com/2013/03/perbedaan-tablet-smartphone-laptop-dan.html
http://apaperbedaan.blogspot.com/2012/07/perbedaan-smartphone-tablet-dan-laptop.html
http://beritanet.com/Literature/Kamus-Jargon/Phablet-Tablet-Smartphone.html

No comments:

Post a Comment